ALIH BAHASA

Kamis, 14 November 2013

UPGRADE BIOS

Upgrade BIOS Motherboard adalah hal yang perlu diketahui juga oleh para teknisi komputer. Seperti kita ketahui BIOS merupakan software yang akan pertama kali dijalankan oleh komputer sebelum menjalankan program-program lainnya termasuk sistem operasi. Seperti halnya software-software lainnya, BIOS juga selalu memiliki versi update dari versi sebelumnya. Hal ini dilakukan oleh produsen motherboard untuk terus menserasikan kemampuan motherboardnya dengan hardware-hardware add on serta software-software lainnya yang terus berkembang setiap waktu. Lalu bagaimana caranya kita melakukan upgrade BISO motherboard?


Langkah-Langkah Mengupgrade BIOS
1. Analisa BIOS
Sebelum melakukan upgrade BIOS analisa terlebih dahulu BIOS yang dimiliki oleh motherboard kita. Masing-masing motherboard memiliki BIOS yang berbeda-beda baik vendor maupun versinya. Berikut adalah beberapa jenis-jenis BIOS :
a. Award Software
b. Award Bios
c. Award Modular Bios
d. Award Medallion Bios
e. Phoenic Technologies
f. Phoenic Bios
g. Gabung Dengan Award menghasilkan Phoenic-Award Bios
h. American Megatrends Incorporated (AMI)
i. Ami Bios
j. Ami WinBios
k. Microid Research


2. Download Upgrade BIOS
Setelah kita mengetahui jenis BIOS yang kita miliki, sekarang kita download upgrade BIOS di situs resminya. Kalau anda tidak mengetahui situs resminya, tingga searching aja di google dengan kata kunci BIOS motherboard anda. File downloadnya biasanya berupa file *.exe. Tiggal anda jalankan aja file tersebut, tapi harus hati-hati, silakan anda baca dulu file readme yang menyertai file tersebut. BIOS yang sering saya temui selama menjadi teknisi komputer dan mungkin ini adalah BIOS yang paling banyak digunakan di indonesia adalah AMI dan Phoenix Award. Ini adalah situs resminya http://ami.com/support/amibiossupport/ dan http://biosagentplus.com/exe.
Selain anda bisa mencari BIOS berdasarkan jenis BIOS, anda juga bisa mencarinya berdasarkan merek motherboard. Berikut adalah situ resmi dari beberapa motherboard untuk mendownload upgrade BIOS :
  • ASUS Motherboard disini
  • ECS web Site disini
  • GIGABYTE Motherboard disini
  • Micro Star International (MSI) Motherboard disini
  • DriverStock Tempat download berbagai driver


3. Instal BIOS AndaSebagian besar komputer keluaran terbaru telah menyajikan prosedur update BIOS yang cukup mudah. Caranya yaitu
- Download file .exe dari website produsen motherboard Anda
- Tutup semua program yang sedang dibuka / digunakan
- Jalankan file .exe yang telah Anda download
- Reboot komputer Anda. Jika komputer Anda tiba-tiba mati saat sedang proses update BIOS, maka Anda tidak akan dapat melakukan boot. Jadi, pastikan baterai laptop Anda baik-baik saja. Saran kami, sebaiknya Anda memakai UPS (uninterruptible power supply), khususnya jika Anda tinggal di daerah yang rawan dengan pemadaman atau gangguan listrik.

Demikian panduan mengupgrade BIOS motherboard yang bisa saya share untuk anda. Semoga bermanfaat dan pesan saya, tetaplah berhati-hati dalam melakukan upgrade BIOS, karena kesalahan sedikit saja akibatnya bisa fatal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar